Artikel

PENGGUNAAN TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK

Oleh: Kristanti, Guru Prodi Farmasi SMK Wicaksana Al Hikmah Sirampog

Mahasiswa PPG daljab 3 UNS


Perkembangan obat tradisional maupun penelitian tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk kepentingan Kesehatan baik untuk tujuan promotive, preventif, kuratif maupun rehabilitative hingga saat ini masih sangat diminati. Salah satunya adalah tanaman-tanaman yang banyak diguinakan sebagai peningkat kecerdasan otak. Penduduk pulau Jawa, merupakan salah satu yang sudah merasakan manfaat dari daun pegagan sejak lama. Mereka mengkonsumsi daun pegagan sebagai lalapan dan percaya bahwa daun ini dapat meningkatkan kecerdasan otak.
Manfaat daun pegagan untuk otak tentunya dapat meningkatkan daya kerja otak menjadi lebih baik lagi. Tanaman liar satu ini tentu mudah ditemukan disekitar kita. Daun pegagan atau istilah ilmiahnya, Centella asiatica yang awalnya hanya tanaman liar tumbuh di sekitar sawah, kebun dan pegunungan. Kini daun pegagan makin terkenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk otak, dan tentunya cocok sebagai bahan dasar jamu.
Daun pegagan yang merupakan jenis tanaman liar ini, banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Daun pegagan memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit ringan, hingga penyakit berat. Salah satunya yakni manfaat daun pegagan untuk otak.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 membuktikan bahwa daun pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Bahkan mengalahkan asam folat yang dipercaya efektif untuk mengembalikan daya ingat seseorangyang terkena stroke. Daun ini menguatkan saraf otak dan membuat konsentrasi semakin tinggi serta mampu mengingat dengan baik. Zat omega yang dibutuhkan oleh otak juga terkandung pada daun pegagan.
Manfaat daun pegagan untuk otak yang pertama adalah mampu meningkatkan daya ingat. Kandungan senyawa asiatikosida yang terkandung dalam daun pegagan mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Kandungan zat omega yang dibutuhkan otak, terdapat pada daun pegagan ini. Dalam sebuah riset, ekstrak air herbal daun pegagan ini dapat memperbaiki daya ingat seseorang.
Memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak merupakan salah satu manfaat daun pegagan untuk otak. Daun pegagan dapat memberi efek positif terhadap daya rangsang otak sehingga otak lebih mampu untuk berpikir cepat dan dapat merespon sesuatu dengan baik.

Manfaat daun pegangan untuk otak
1. Mampu Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
2. Memberi Efek Positif Terhadap Daya Rangsang Saraf Otak
3. Melancarkan Peredaran Darah Pada Otak
4.  Meningkatkan  Fungsi Kognitif Otak
5. Dapat Meningkatkan IQ dan Kemampuan Mental
Selain mengetahui manfaat daun pegagan untuk otak, penting juga untuk mengetahui Kandugan apa saja yang terkandung dalam daun pegagan, sehingga memiliki berjuta manfaat untuk otak. Daun pegagan memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, dan tanin.
Garam mineral yang terkandung dalam daun pegagan yakni seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi juga merupakan salah satu kandungan sehingga daun pegagan memiliki banyak manfaat daun pegagan untuk otak. Glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside diduga merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang terdapat pada daun pegagan tersebut memberikan rasa pahit ketika di konsumsi.

Bagai mana cara mengkonsumsi daun pegagan?
Daun pegaggan yang mempunyai segudang manfaat untuk Kesehatan pasti membuat setiap orang untuk mengkonsumsinya. Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi daun pegagan, salah satunya adalah dengan merebus daun pegagan.
Langkah yang perlu dilakukan untuk merebus daun pegagan :
 - Siapkan daun pegagan yang sudah kering sekitar setengah sendok teh
 - Masukan daun pegagan yang telah disiapkan kedalam gelas.
 - Tuangkan air panas kedalam gelas
 - Tungggu beberapa saat , kemudian saring daun pegagan
Dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.
Mengkonsumsi ekstrak  ekstrak daun pegagan sebaiknya diawali dengan dosis rendah dan kemudian ditingkatkan secara bertahap untuk mengurangi resiko efek sampingnya. Perlu diingat bahwa herbal ini juga sebaiknaya tidak dikonsumsi daalam jangka waktu yang lama, idealnya ekstrak daun pegagan dikonsumsi selama dua sampai enam minggu saaja. Daun pegagan mempunyai banyak manfaat bagi Kesehatan, juga memiliki efek samping yang tidak bisa disepelekan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi contohnya adalah sakit kepala, sakit perut, mual , kulit terasa terbakar, serta reaksi alergi.