Berita

FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS APA? DAN BAGAIMANA?

Ditulis oleh : Budhi Hastutik pada Kamis 30 September 2021

 

Kalau pembaca ditanya apa itu Farmasi, tentu jawabannya bisa bermacam-macam. Mungkin ada yang menjawab “apotek.” Lalu jawaban “obat-obatan” juga mungkin kita dengar, karena walaupun komunitas dimasyarakat  kecil dan relatif jarang dikenal, namun kinerja farmasis di belakang layar untuk meracik obat mmepunyai peran sangat penting. Bahkan tidak tertutup kemungkinan jawaban yang unik seperti “tukang obat.” Atau bahkan ada yang menjawab sebagai “jualan obat.”

Terlepas dari berbagai macam jawaban yang bisa kita dengar, kalau kita coba telusuri, ternyata tentang apa dan siapa yang itu farmasi klinis dan komunitas dapat kita simak pada ulasan berikut ini.

Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas biasanya tidak di dominasi oleh siswa cewek maupun cowok, pada jurusan ini antara siswa cewek (perempuan) dan cowok (laki) jumlahnya seimbang. Bagi kamu yang cowok maupun cewek semua cocok untuk masuk di jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini, yang terpenting adalah senang dengan ilmu kesehatan. Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian.

Kenapa jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?.

Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini kamu bakalan dituntut untuk memahami Dasar-dasar Kefarmasian, Pelayanan Farmasi, Farmakologi,Dosis obat serta Keselamatan, Kesehatan Kerja  Lingkungan Hidup, dan lain sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari kesehatan manusia yang memang sangat utama yang merupakan kebutuhan dasar mausia, hati-hati dan penuh kesabaran

 

Apa saja sih mata pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas itu?
Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian                                     : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian                                  : Farmasi
Kompetensi Keahlian                             : Farmasi Klinis Dan Komunitas


Dasar-dasar Kefarmasian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, Farmakognosi Dasar merupakan hal yang harus dikuasai, kamu harus mampu memahami Pelayanan Farmasi, Farmakognosi dan juga Farmakologi. Kalau di lihat dari daftar mata pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat memiliki keterampilan tentang Pelayanan Farmasi, Farmakognosi dan juga Farmakologi, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk memiliki Dasar-dasar Kefarmasian dengan baik yang merupakan dasar dari ilmu ini. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat memahami, anatomi fisiologi yang baik serta memahami Kimia Farmasi. Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dan jurusan kesehatan lainya. Dasar dasar ilmu Farmasi Klinis Dan Komunitas sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Lulusan jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas bisa bekerja di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, perusahaan, perkantoran dan instansi kesehatan lainya.  Peluang kerja jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Peluang atau Prospek Kerja Lulusan SMK Farmasi. Informasi ini ditujukan khususnya bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di SMK Farmasi. Untuk mengenetahui seperti apa prospek kerjanya setelah lulus dari pendidikan, langsung saja simak ulasannya di bawah ini. Seperti yang kita ketahui,bahwa farmasi  dari lulusan SMK Farmasi, adalah studi yang mempelajari tentang obat obatan. Pada jurusan ini, anda akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan juga cara sintetisnya lalu mengolahnya menjadi obat yang layak untuk dikonsumsi. Sekarang ini, jurusan farmasi juga mulai diperbanyak di beberapa universitas terkemuka dan juga politeknik kesehatan mengingat prospek kerja lulusan farmasi yang banyak dibutuhkan Jurusan farmasi lebih fokus pada mempelajari bidang obat obatan dan tentunya juga akan mempelajari tentang ilmu kedokteran sebagai ilmu pendukung serta masalah agrikultur yang bisa dijadikan bahan untuk mempelajari tanaman obat.
Untuk itu, jurusan farmasi tidak hanya sekedar fokus pada obat obatan kimia, namun juga mencari cara untuk menciptakan obat dari tanaman atau yang biasa disebut dengan obat herbal. Di jurusan farmasi, anda akan diajarkan cara mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis serta menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan juga kelayakan. Tidak hanya sekedar meracik, namun anda juga harus memahami cara penggunaan obat tersebut secara aman.

Bisa dikatakan bidang farmasi tidak akan pernah mati bahkan akan terus berkembang dengan berjalannya waktu karena penyakit ikut berkembang dan butuh penanganan terbaik. Lulusan jurusan farmasi nantinya bisa meneruskan menjadi apoteker untuk mendapatkan gelar Apt. Lulusan farmasi tidak harus menjadi apoteker di apotek, namun juga sangat dibutuhkan di rumah sakit, laboratorium dan juga klinik. Berikut ini akan kami berikan prospek kerja lulusan farmasi yang bisa anda ambil. Prospek kerja lulusan farmasi baik SMK adalah menjadi apoteker. Tugas apoteker adalah mengeluarkan obat yang sudah diresepkan dokter serta praktisi kesehatan lain sekaligus memberikan informasi pada pasien tentang obat dan penggunaannya. Selain itu, apoteker juga bisa memberikan saran pada dokter dan praktisi kesehatan lain dalam urusan pemilihan, interaksi, dosis dan juga efek samping dari obat obatan. Beberapa contoh dari jabatan pekerjaan apoteker adalah sebagai apoteker klinis, apoteker rumah sakit, manajer farmasi, rawat jalan apoteker, apoteker yang bertugas, pemilik apotek, apotek terdaftar, staf apoteker, staf apoteker di rumah sakit, konsultan farmasi. Untuk menjadi seorang apoteker, maka ada banyak pengetahuan yang dibutuhkan seperti biologi, kimia, layanan pelanggan dan personal, matematika, ilmu kedokteran dan kedokteran gigi.

Prospek lulusan farmasi selanjutnya adalah sebagai konsultan kecantikan atau beuaty consultant. Bagi anda wanita yang tertarik menjadi konsultan kecantikan, maka tugas yang harus anda lakukan adalah menjual produk kecantikan lengkap dengan cara memberikan konsultasi pada konsumen mengenai produk kecantikan yang paling tepat. Konsultan kecantikan juga bisa memberikan konsultasi serta tips kecantikan pada konsumen dan juga terkadang bisa memberikan tutorial pemakaian makeup dan juga produk kecantikan. Sedangan contoh dari jabatan pekerjaan konsultan kecantikan adalah sebagai konsultan salon, konsultan kulit, ahli kecantikan dan konsultan kecantikan. Jika anda ingin menjadi konsultan kecantikan, maka beberapa pengetahuan yang harus anda kuasai diantaranya adalah kimia, administratif, layanan pelanggan dan personal, bahasa Inggris serta penjualan dan pemasaran. 

Penyuluh kesehatan atau health educators juga menjadi prospek lulusan farmasi yang memiliki tugas untuk menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan untuk membantu seseorang, keluarga dan juga komunitas supaya bisa memaksimalkan serta mempertahankan gaya hidup sehat. Selain itu, penyuluh kesehatan juga memiliki tugas untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk identifikasi kebutuhan masyarakat sebelum melakukan perencanaan, pemantauan, pelaksanaan dan juga evaluasi program yang dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat dan lingkungan. Penyuluh kesehatan juga bisa berfungsi sebagai sumber daya untuk membantu seseorang, pekerja kesehatan lain, masyarakat dan bisa mengelola sumber daya fiskal untuk program pendidikan kesehatan. Beberapa contoh dari jabatan pekerjaan ini yang bisa anda lakukan adalah penyuluh diabetes bersertfikat, spesialis perkembangan anak, instruktur klinis, penyuluh perawat klinis, konsultan kesehatan masyarakat, koordinator komunitas pendidikan kesehatan, koordinator pendidikan penyuluh kesehatan, spesialis promosi kesehatan.

Satu lagi prospek kerja lulusan farmasi yang bisa anda lakukan adalah menjadi terapis kecantikan. Tugas anda nantinya adalah melakukan treatment pada konsumen atau pelanggan yang bisa bekerja di klinik kecantikan, salon atau kerja lepas. Contoh dari jabatan pekerjaan terapis kecantikan adalah beauty therapist, ahli kecantikan, manager tata rias wajah. Rekomendasi Perusahaan : Titan Jr Group, Jakarta, Ebrow.id, Jakarta, The Clinic Beautylosophy, Jakarta, Jakarta Derma Clinic, Jakarta, PT. Best Denki indonesia, Jakarta, PT. Dimarco Mitra Utama, Jakarta, Calysta Prima, Jakarta, Euromedica Group, Jakarta.

Banyak orang yang sekarang ini menginginkan bekerja dalam farmasi industri sehingga anda yang sudah lulus dari jurusan farmasi menjadi orang beruntung karena bisa mengambil pekerjaan ini. Biasanya, anda akan ditempatkan pada bagian research and development untuk menentukan formula, teknik pembuatan serta menentukan spesifikasi bahan baku yang akan dipakai. Untuk anda yang berminat bekerja di farmasi industri, berikut akan kami berikan rekomendasi perusahaan yang bisa anda jadikan referensi: Natasha Skin Clinic Center, Bekasi, mClinica Pte Ltd, Jakarta Pusat, PT. Propan Raya Industrial Coating Chemicals, Tangerang, PT. Estetika Prima Duti utama, Surabaya, PT. Manggala Medika Persada, Tangerang, PT. Fathony Semesta, Surabaya, PT.  Mandjur Sehat Abadi, Jakarta Pusat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lulusan farmasi tidak harus selalu bekerja menjadi apoteker, sebab banyak pekerjaan lain yang juga membutuhkan sumber daya manusia lulusan farmasi seperti dunia pendidikan. Namun, supaya anda bisa menjadi dosen di dunia farmasi, maka anda harus menempuh S2 lebih dulu. Prospek kerja lulusan farmasi berikutnya yang bisa anda pilih adalah dalam lembaga pemerintah. Lembaga resmi pemerintah yang mengurus pelegalan obat serta makanan disebut dengan BPOM [Badan Pengawas Obat dan Makanan]. Selain itu, anda juga bisa mencoba lembaga lain yang masih ada di bawah naungan pemerintah seperti contohnya Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan atau BPJS.

Bidang manajemen juga menjadi prospek kerja lulusan farmasi yang bisa anda pertimbangkan. Manajemen yang dimaksud adalah pemimpin yang mempunyai tanggung jawab terhadap jalannya sebuah perusahaan. Farmasi adalah salah satu bidang profesional kesehatan yang adalah kombinasi dari ilmu kesehatan dan juga ilmu kimia yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan efektivitas dan juga keamanan pemakaian obat. Sedangkan ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk farmasi tradisional adalah peracikan penyediaan sediaan obat dan juga pelayanan farmasi modern yang berkaitan dengan layanan pada pasien seperti klinik, evaluasi efikasi dan juga keamanan penggunaan obat serta penyediaan informasi obat. Apoteker tidak hanya harus selalu berurusan dengan obat, namun juga dituntut harus bisa menciptakan hubungan baik dengan teman seprofesi dan bahkan diluar profesi serta tentunya bersama pasien.

Lulusan farmasi juga dapat mendirikan apotek, agar anda bisa memiliki usaha sendiri yakni apotek, maka terlebih dulu anda harus menempuh pendidikan di bangku kuliah selama empat tahun ditambah satu tahun untuk mengikuti program profesi. Sesudah semuanya selesai dan mengucap sumpah apoteker, maka anda sudah mendapatkan izin untuk membuka sebuah apotek.
Apotek yang merupakan usaha mandiri ini tentunya akan membuat penghasilan yang masuk menjadi gaji anda. Jumlah dari pendapatan pemilih apotek ini juga sangat fantastis yang bisa sampai ratusan juta rupiah per bulan.

Menjadi peniliti farmasi, sesudah lulus dari jurusan farmasi, anda juga bisa menjadi seorang peneliti farmasi yang tidak hanya dalam dunia pendidkan saja. Penelitian juga bisa dilakukan dengan cara lain seperti penelitian pada potensi tanaman obat yang saat ini jumlahnya sangat berlimpah di Indonesia.Selain itu, anda juga bisa bekerja di badan penelitian pemerintah seperti LIPI.

Prospek kerja lulusan farmasi selanjutnya yang bisa anda pilih adalah bekerja di sektor swasta. Perusahaan nasional yang bergerak pada industri obat obatan sangat membutuhkan sumber daya manusia lulusan farmasi. Beberapa contohnya adalah di Kalbe Farma, Kimia Farma, Mead Johnson dan lainnya.

Selain bisa menjadi seorang apoteker, prospek kerja berikutnya yang bisa anda lakukan sesudah lulus dari jurusan farmasi adalah bertanggung jawab pada obat yang sudah ditulis di resep. Jika semakin diperkecil, maka anda bisa bekerja di puskesmas, apotek, klinik dan juga rumah sakit.

Itulah beberapa gambaran mengenai Peluang atau Prospek Kerja Lulusan SMK Farmasi. Jika ada salah satu pekerjaan atau profesi yang diminati, maka bisa memilih Farmasi ketika kuliah. Informasi di atas hanyalah gambaran umum saja, untuk lebih rincinya, maka dapat ditelusuri lebih lanjut. Tentunya selain dari beberapa prospek kerja yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis pekerjaan lainnya untuk lulusan SMK Farmasi.

Pencarian
Terbaru